...Sesungguhnya dibalik penciptaan langit dan bumi terdapat tanda-tanda
kekuasaan Allah bagi orang yang berpikir....


Saturday, August 18, 2007

THE MIRACLE OF CELL....

Mungkin udah banyak yang tau yah kalo tubuh kita yang besar ini tersusun dari bermilyar-milyar sel...dan sel-sel yang sama tergabung jadi suatu jaringan...jaringan-jaringan yang sama bersama jaringan lain membentuk organ..organ satu dan organ lain berinteraksi menjadi sistem organ...hingga membentuk kita...suatu organisme...yup...itulah..the hierarchy of life..

mmm...berpikir tentang kerja tubuh atau metabolisme...itu semua kan dilakukan oleh struktur yang sangat kecil tetapi sangat fungsional bernama sel..

this is our cell...and plant cell

satu kata....SUBHANALLAH...gimana bisa sel sekecil ini mengatur metabolisme??nyatanya..atas kehendak Allah SWT dan perintah-Nya lah..sel ini bisa bekerja...misalnya..untuk bernapas... ternyata sel memasukkan O2 yg kita masukkan lewat rongga hidung kita se dalamnya..memasukkannya ke suatu organel di dalam sel yang bernama mitokondria...kemudian O2 dioksidasi dan menghasilkan ATP/ yg biasa kita sebut energi untuk melakukan aktivitas...terus..yg menunjang metabolisme tentunya enzim dong..enzim2 ini kan biasanya berupa protein..trus apa protein yg dibutuhkan itu dr luar??jawabnya enggak!!tubuh kita bisa bikin protein sendiri lho..karna adanya struktur kecil yang dinamakan ribosom..ribosom ini..menyusun asam amino-asam amino yg terurai dr protein yg kita makan..trus disusun sesuai protein yg diinginkan oleh gen yang berada dalam inti sel.. pokoknya prosesnya sangat luar biasa..semua berasal dr satu struktur kecil bernama sel.

selain itu..sel kita juga menyimpan "blueprint" kita...kaya warna mata kita, warna kulit,sifat2 kita..semua yg menjadikan kita menjadi..yaaahh..kita..hehe..blueprint itu adalah DNA..mungkin sumday gw bakal crita ttg DNA..nah..DNA ini yang panjangnya bisa melingkari bumi..disimpan di suatu organel yg namanya inti sel..waw..sungguh struktur yg luar biasa..pasti dibuatnya ga begitu aja jadi dong..pasti ada perencanaan luar biasa dibalik itu semua..

sebenernya masih banyaaaaaakkkkk banget cerita tentang struktur kecil yg berperan penting dalam kehidupan kita ini...tapi..entar dilanjutin lagi yaaa...

oiya...tazy sukaaaaaaaa banget sama sel...coz banyak banget rahasia luar biasa di sana..makanya dijadiin posting pertama ttg biologi..semoga bisa diungkap semua rahasia sel dalam blog ini..

No comments: